Thank you for visiting my blog:)

Welcome to fath-think.blogspot.com...

Feedburner 2: Analisis Data Dan Fungsi-Fungsi Dasar

Sabtu, 29 Januari 2011

feedburner glossy logoSebelum kita mengoptimalkan fungsi FeedBurner dan melakukan monetasi feed blog kita sebagai salah satu cara make money blogging, kita perlu mengetahui apa saja data yang ditelusuri oleh feedburner dan apa saja fungsi-fungsi dasar yang dimiliki oleh feedburner.
Fungsi-fungsi dasar ini bisa kita lihat dan analisis langsung dengan mudah karena ditampilkan dalam bentuk grafik chart dan statistik. Untuk mengetahui fungsi-fungsi dasar feedburner lebih jelas silahkan ikuti langkah-langkah berikut:
gambar 1 daftar dan login untuk membuat feedburner
  1. Login ke  FeedBurner di feedburner.com atau feedburner.google.com. atau daftar dulu di feedburner dan dapatkan feed blog kita.
  2. gambar 1 daftar dan login untuk membuat feedburner
  3. Akan muncul tampilan daftar blog yang kita sudah daftarkan di feedburner. Klik judul blog yang ingin kita optimalkan.
  4. gambar 2 klik judul feed bloggambar 2 klik judul feed blog
  5. Halaman berikutnya akan langsung ke tab Analyze. Tab Analyze feedburner berfungsi untuk menganalisa statistik dan perkembangan feed kita. Ada 4 tab lain di feedburner yaitu “Optimize” untuk mengoptimalkan fungsi feedburner, “Publicize” untuk menampilkan logo, form, dan banner feedburner diblog kita, “Troubleshootize” bila kita menemukan masalah di feedburner, dan “monetize” untuk monetasi feed blog kita. What’s?? Menguangkan Feed Blog? Yah, feed blog kita bisa diuangkan, tapi hal tersebut kita akan bahas pada tulisan selanjutnya. Saat ini kita pahami dulu fungsi-fungsi dasar feedburner, yaitu item-item apa saja yang ditelusuri oleh feedburner. Ada 3 bagian pada tab analyze ini, yaitu Feed Stats, Headline Animator Stats, dan Configure Stats.

Analisis Data Statistik Feed Blog Kita Di FeedBurner Feed Stats

Feed Stats menampilkan grafik pelanggan blog kita. Ada 2 item dalam chart ini yaitu “subscribers” dan “reachs”. Subscribers adalah jumlah pelanggan feed blog kita dan Reach adalah jumlah pelanggan yang melakukan aksi (view, klik, atau download) terhadap feed blog kita.
    gambar 3 Klik Feed Stats
    gambar 3 Klik Feed Stats
Seperti contoh gambar di atas, blog make money blogging ini memiliki 11 pelanggan (subscribers), 1 orang yang melakukan aktifitas, dan aktifitas yang dilakukan berupa melihat (view) 2 artikel blog make money blogging ini. Hayoo Ngaku, siapa yang melakukan ini ???.
Di bagian Feed Stats ini kita bisa lihat lebih detail pada 4 item lain, yaitu Subscribers, Item Use, Map Overlay, dan Uncommon Uses.
  • Subcribers: Pada bagian ini kita bisa menganalisis jumlah pelanggan blog kita, dari mana sumbernya, apa browser yang digunakan, platform reader dan aggregator yang digunakan, dan platform email yang digunakan untuk mendaftar. Email detailnya tidak diinformasikan oleh feedburner.
  • Item Use: Pada bagian ini kita bisa menganalisis aktifitas yang dilakukan pelanggan feed blog kita berapa jumlah artikel dan artikel yang mana yang dilihat, diklik dan didownload.
  • Map Overlay: Pada bagian ini kita bisa melihat data pelanggan blog kita berdasarkan lokasi.
  • Uncommon Uses: Pada bagian ini kita bisa menganalisis aktifitas lain dari pelanggan selain melihat, klik, dan download yang tidak umum.

Analisis Data Statistik Headline Animator Stats Feedburner

Bagian Headline Animator Stats berfungsi menampilkan jumlah tampilan dan jumlah klik yang orang lain lakukan terhadap Headline Animator blog kita. Headline Animator adalah banner animasi yang menampilkan judul blog kita dan judul 5 postingan terakhir blog kita secara animasi. Headline Animator ini bisa kita buat di bagian Tab Publicize atau langsung klik “provide your own” yang langkah-langkahnya akan kita bahas pada tulisan lain.

Konfigurasi Data Statistik Feed Blog Kita Di FeedBurner

Bagian Configure Stats bisa kita gunakan untuk mengatur apa saja yang ingin kita telusuri dari feed blog kita. Secara default 4 item sudah aktif ditelusuri. 3 item lain silahkan diaktifkan juga untuk menelusuri item yang dilihat, diklik, dan didownload.
Gambar 5 Klik Configure Sats
Gambar 5 Klik Configure Sats

Kesimpulan

Setelah memahami fungsi-fungsi dasar feedburner kita mengetahui item-item apa saja yang ditelusuri oleh feedburner dan membantu kita berupa statistik data dari item tersebut. Dengan mengetahui item-item tersebut kita bisa mengoptimalkan fungsi feedburner untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, sehingga nantinya blog kita bisa kita lakukan monetasi. Bagaimana cara menguangkan blog kita (monetasi) dengan feedburner ini akan kita bahas ditulisan lain. Stay Tuned dengan Berlangganan Feed Blog Ini.. Hehehehhh…Happy Blogging.
Make Money Blogging @ Feedburner 2: Analisis Data Dan Fungsi-Fungsi Dasa

0 komentar:

Posting Komentar

 
InstaForex